Pilihlah Teh Manis untuk Buka Puasa Daripada Minuman Ringan

Es Teh Manis
Es Teh Manis

Salah satu minuman yang laris manis saat buka puasa adalah teh manis. Ada pula yang menyukai minuman ringan (elektrolit) saat berbuka puasa. dr AR Inge Permadhi, MS, SpGK, dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-RS Cipto Mangunkusomo mengatakan, untuk berbuka puasa, teh manis lebih baik ketimbang  minuman ringan atau minuman elektrolit.

Fakta yang dihadirkan dr Inge memperlihatkan teh manis bisa mengembalikan kadar gula darah yang mengalami penurunan saat menjalankan puasa. Sementara itu minuman elektrolit yang mengandung gula dan garam tidak begitu banyak diperlukan tubuh.

“Garamnya itu tidak terlalu dibutuhkan oleh tubuh karena yang hilang saat puasa adalah kadar gula,” kata dr Inge, dilansir dari detikHealth, Selasa (30/5/2017).

Saran dr Inge tersebut disepakati dokter lainnya, Dr dr Saptawati Badorsono, MSc yang mengungkapkan teh manis lebih pas untuk berbuka puasa ketimbang minuman ringan.

Efek dari minuman ringan yang digunakan berbuka puasa adalah ada kekhawatiran perut jadi nyeri karena kandungan sitrat pada minuman berelektroit bisa membuat iritasi lambung pada orang-orang yang punya gangguan lambung.

teh manis
Teh manis. (saatulihsan)

Faktanya, teh manis dapat mengembalikan kadar gula darah yang turun lebih cepat.”Teh manis lebih baik karena membantu meningkatkan kadar gula. Nah, kalau minum elektrolit kan ada gula dan garamnya. Garamnya itu tidak terlalu dibutuhkan oleh tubuh karena yang hilang saat puasa adalah kadar gula,” kata dr Inge, dilansir dari detikHealth, Selasa (30/5/2017).

Senada dengan dr Inge, Dr dr Saptawati Badorsono, MSc mengungkapkan bahwa, teh manis memang lebih sesuai untuk berbuka. Dikhawatirkan jika berbuka puasa dengan minuman elektrolit, perut malah akan terasa sakit atau nyeri. Sebab, kandungan sitrat dalam minuman berelektrolit yang dapat mengiritasi lambung pada beberapa orang yang sering mengalami gangguan lambung.

Namun, beberapa orang lebih memilih es teh manis dibanding dengan teh hangat. Kelebihan es teh manis sebagai menu berbuka salah satunya ada pada kandungan gula sukrosa. Struktur yang sederhana membuat gula jenis ini lebih mudah diserap, sehingga mengembalikan kadar gula darah dengan cepat sehabis puasa seharian.