30 Cara memutihkan badan secara alami dan tradisional. Pilih yang cocok saja, jangan main borongan ya…

Banyak cara memutihkan badan secara alami dan tradisional yang bisa Anda terapkan. Tetapi dari sekian banyak cara itu, Anda harus memilih yang pas dengan kebiasaan Anda, kesibukan Anda dan terutama sekali cocok dengan kulit Anda.

Tetapi kalau Anda tidak sabar dengan cara memutihkan kulit secara alami yang biasanya kurang cepat dan tidak juga bisa putih permanen, bisa saja Anda minta suntik senyawa tertentu atau yang dinamakan suntik putih. Tetapi ingat, semuanya bisa saja mendatangkan efek samping yang pasti pengin kita hindari.

Nah untuk itu, di sini AengAeng.Com koleksikan cara memutihkan badan secara alami dengan berbagai bahan alami yang bersumber dari beberapa website. Ada dari hariangadis.com, klinikkecantikan.co.id, portalremaja.co.id, temancantik.com, dan juga wikipedia.org.

30 Cara memutihkan badan secara alami dan tradisional

  1. Jeruk nipis dan tomat

Tomat mengandung vitamin C dalam kadar yang tinggi sehingga efektif untuk mencerahkan kulit, sedangkan jeruk nipis sangat efektif untuk mengangkat sel-sel kulit mati penyebab kulit kusam.

Jadi perpaduan bahan alami ini ampuh untuk memutihkan dan mencerahkan kulit secara cepat. Termasuk tentunya untuk memutihkan kulit tangan. Berikut cara memutihkan kulit tubuh dengan jeruk nipis dan tomat:

Siapkan 4-5 tomat segar dan matang serta 2-3 jeruk nipis segar. Haluskan tomat dengan blender. Tambahkan air perasan jeruk nipis ke dalamnya, aduk hingga merata. Oleskan pada seluruh kulit tubuh secara merata dan tipis. Diamkan selama 15-20 menit.

Terakhir, bilas dengan air bersih dan keringkan dengan handuk bersih.

  1. Minyak zaitun dan beras

Sejak zaman dahulu beras dipercaya dapat memutihkan dan mencerahkan kulit secara cepat, sedangkan minyak zaitun mampu menjaga kelembapan kulit. Kedua campuran bahan ini sangat efektif untuk memutihkan kulit secara alami.

Cara penggunaannya yaitu: Siapkan satu cangkir beras dan minyak zaitun secukupnya. Haluskan beras hingga terbentuk hampir seperti tepung. Campurkan minyak zaitun secukupnya hingga membentuk pasta. Oleskan pada seluruh bagian kulit tubuh secara merata.

Diamkan selama 20-30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Lakukan cara ini secara rutin setiap hari sebelum mandi untuk mendapatkan hasil maksimal.

  1. Memakai bengkoang

Sudah jelas bahwa bengkoang menjadi salah satu bahan terbaik untuk membuat badan putih alami. Sering digunakan bahan pelembab dan krim pemutih, ada baiknya Anda mencoba menggunakan dari buahnya langsung saja. Masker bengkoang sangat gampang dibuat dan bahkan bahannya sama sekali tidak mahal.

Cara membuat kulit putih dengan bengkoang: Sediakan bengkoang secukupnya dan pastikan masih dalam keadaan segar, lalu kupaslah kemudian cuci sampai bersih. Setelah bersih, parutlah kemudian sampai benar-benar lembut dan peras parutannya. Lanjutkan dengan menyaringnya dan endapkan selama semalaman. Esok paginyalah Anda baru bisa mengambil endapan ramuan bengkoang untuk dibalurkan ke seluruh badan. Tunggu setengah jam sebelum dibilas dengan air.

  1. Menggunakan lobak

Kalau biasanya lobak digunakan sebagai bahan masakan, lobak rupanya menyimpan khasiat luar biasa dalam membuat kulit badan lebih putih. Selain bisa membelinya untuk dimasak, gunakan juga sebagai bahan perawatan kulit tubuh. Mencerahkan kulit menggunakan lobak perlu ditambah juga dengan jeruk nipis dan minyak zaitun.

Cara membuat kulit putih dengan lobak: Ambil lobak sebanyak 1-2 batang, lalu jangan lupa juga jeruk nipis dan minyak zaitun. Bersihkan lobak, lalu parutlah atau blender hingga lembut. Perasan jeruk nipis dan minyak zaitun secukupnya bisa ditambahkan dan Anda campurkan sampai membentuk krim seperti pasta. Pasta inilah yang Anda bisa oles ke seluruh badan yang ingin diputihkan; bilas sesudah 30 menit.

  1. Memanfaatkan air beras

Salah satu tips membuat kulit putih secara alami adalah dengan memakai ramuan air beras yang sederhana. Kalau biasanya air beras Anda buang, kali ini bisa Anda coba gunakan untuk merawat kulit karena vitamin B yang ada terkandung di dalamnya termasuk tinggi.

Vitamin tersebutlah yang bakal membantu membuat sel-sel kulit mati terangkat dan beregenerasi dengan sempurna. Selain lebih putih, cerah dan bersinar, permukaan kulit juga bakal dijadikan lebih halus dari sebelumnya.

Cara memutihkan kulit dengan air beras: Sediakan beras yang kualitasnya terbaik sekitar 6 sendok makan saja. Lanjutkan dengan memasukkannya ke dalam sebuah wadah yang Anda sudah beri air. Kocoklah sampai airnya mengalami perubahan mirip seperti susu. Ambil kapas yang kemudian dapat Anda celupkan ke air beras tersebut, lalu oleskan kapas tersebut ke seluruh area tubuh tepat sehabis mandi. Tunggulah kira-kira selama 1 jam dan kalau sudah mulai terasa kaku, gunakan air dingin untuk membilas.

  1. Memakai yogurt

Yogurt biasanya menjadi bahan makanan yang baik untuk diet dan melancarkan sistem pencernaan. Tapi ternyata yogurt untuk memutihkan kulit juga sama efektifnya sebab yogurt punya kemampuan untuk mendukung pengelupasan kulit serta membersihkan noda. Bahkan tanda penuaan dini juga dapat dipudarkan karena membantu regenerasi sel kulit.

Cara membuat kulit putih alami dengan yogurt: Yogurt tawar adalah yang paling baik, jadi sediakan secukupnya. Supaya tekstur lebih mengental, silakan campur dengan madu sedikit saja. Untuk perawatan, gunakan air hangat untuk membilas wajah dan bagian tubuh yang ingin diputihkan. Oles ramuan yogurt ini dan tinggalkan selama setengah jam agar menyerap, setelah itu gunakan air dingin untuk membilas.

  1. Menggunakan kunyit

Bahan alami satu ini sudah sangat terkenal di India karena manfaatnya dalam meningkatkan warna kulit dan membentuk melanin. Kunyit sangat baik dalam mencerahkan dan menstabilkan warna kulit, bahkan dengan sifat antioksidan dan antiseptiknya juga bisa menjaga kesehatan kulit tubuh.

Caranya: Untuk mencerahkan atau memutihkan kulit badan, sediakan krim susu dan bubuk kunyit secukupnya. Campur kedua bahan tersebut untuk kemudian bisa diterapkan ke area kulit badan yang ingin Anda putihkan. Setelah benar-benar terasa kering di kulit, Anda bisa menggunakan air hangat untuk membilasnya. Untuk hasil seperti yang diharapkan, ulangi cara perawatan ini setiap hari secara teratur.

  1. Memanfaatkan putih telur

Perawatan kulit menggunakan putih telur sudah cukup populer akhir-akhir ini dan tidak aneh lagi untuk Anda coba. Banyak wanita Korea dan Jepang yang menggunakan bahan ini sebagai masker terlepas dari bau amisnya. Protein adalah kandungan tertinggi dan inilah nutrisi yang bakal membuat regenerasi sel kulit baru lebih cepat.

Caranya: Siapkan telur bebek atau telur ayam kampung, pisahkan kuning dan putihnya lebih dulu. Putih telur kemudian dapat dikocok sampai putih dan berbusa, tambahkan madu juga sesuai dengan kebutuhan dan preferensi. Setelah jadi, terapkan ke seluruh badan yang ingin diputihkan setiap sehabis mandi. Tunggu 30 menit sebelum akhirnya dibilas menggunakan air hangat.

  1. Memakai tomat

Tak hanya cara memutihkan badan secara alami, tomat pun bisa menjadi bahan aman yang digunakan sebagai cara memutihkan daerah kewanitaan. Kandungan vitamin E-nya yang tinggi menjadi jaminan bahwa vitamin ini mampu memroduksi kolagen lebih, meregenerasi sel kulit, dan memudarkan flek hitam secara alami dan aman.

Caranya: Sediakan tomat 1 buah yang kemudian bisa dicuci bersih. Belahlah tomat tersebut menjadi 2 bagian, sesudah itu gosok-gosokkan lembut ke area badan yang Anda ingin lebih putih. Setelah proses pengolesan atau penggosokan, tunggu setengah jam untuk peresapan baru dibilas menggunakan air dingin hingga benar-benar bersih. Lakukan rutin setiap hari demi hasil putih yang maksimal.

  1. Membuat ramuan dari pisang dan madu

Madu dan pisang dapat menjadi kombinasi yang baik dan bermanfaat luar biasa demi memperoleh kulit putih, mulus dan sehat. Ada kandungan vitamin C tinggi di dalam buah pisang, jadi sudah pasti pisang mampu memutihkan kulit badan secara optimal.

Caranya: Siapkan pisang raja atau jenis lain juga boleh, lalu juga madu tidak boleh ketinggalan. Pisang tersebut bisa Anda haluskan lebih dulu menggunakan sendok hingga halus baru madu bisa ditambahkan. Setelah ramuan bentuknya mirip pasta, Anda bisa mengolesi kulit tubuh menggunakan ramuan ini. Diamkan setengah jam dan bilaslah sampai bersih menggunakan air dingin.

  1. Menggunakan alpukat

Alpukat tak hanya lezat dijadikan minuman jus yang ditambah dengan susu dan coklat, tapi buah ini baik juga untuk perawatan kulit. Lemak baik serta glutamin terkandung di dalamnya dan bahkan cukup tinggi sehingga mampu memutihkan kulit serta mengatasi kulit kering. Kandungan vitamin A pun termasuk tinggi sehingga mampu meregenerasi sel kulit.

Caranya: Sediakan daging buah alpukat seperlunya saja, atau biasanya hanya sekitar 1 cangkir saja. Untuk membentuk pasta, Anda memerlukan madu juga sebagai campurannya. Sehabis mandi, Anda bisa oles masker ini ke badan secara merata, tunggulah sekitar 25 menit. Selanjutnya, pakai air dingin untuk proses membilas.

  1. Memanfaatkan jeruk nipis

Untuk mencerahkan atau memutihkan kulit badan, jeruk nipis adalah bahan alami tepat yang tidak boleh terlupakan. Daripada memilih suntik putih yang berefek samping berbahaya, memanfaatkan jeruk nipis jelas jauh lebih aman. Karena di dalamnya terkandung vitamin C tinggi, kulit pun dapat tercerahkan, bahkan sel-sel kulit mati terangkat dengan mudah dan beregenerasi.

Caranya: Siapkan jeruk nipis yang masih segar sebanyak 1-2 buah, lalu potonglah menjadi 2 bagian. Lanjutkan dengan memerasnya, dan perasan jeruk nipis itulah yang bisa Anda gunakan untuk dioles ke badan sambil memijatnya 10 detik. Tunggu setengah jam sebelum akhirnya Anda bisa membilas dengan air dingin.

Meski sudah dibilas bersih menggunakan air, biasanya untuk pemakaian pertama kali akan menimbulkan rasa perih pada kulit. Jangan kaget juga kalau muncul kemerahan seperti ruam, tapi yang jelas efek ini terbilang wajar. Hanya saja, ketika kemerahan dan perih tak kunjung hilang, ini menandakan kulit mengalami iritasi, jadi hentikan pemakaian sesegera mungkin.

  1. Memakai lemon dan garam

Kedua bahan ini betul-betul baik untuk dikombinasikan sebagai pemutih badan alami. Kalau kurang begitu percaya akan produk pemutih, buatlah scrub sendiri menggunakan kedua bahan ini. Tak hanya sekadar memutihkan dan membuat kulit cerah, scrub ini mampu mengatasi keriput, jerawat, dan minyak berlebihan pada tubuh dan wajah.

Caranya: Sediakan garam secukupnya saja dan tak perlu banyak-banyak, lalu juga perasan lemon sebanyak 2 sendok makan. Keduanya harus Anda campur merata dan hasilnyalah yang bisa Anda gosokkan ke area kulit yang Anda ingin cerahkan. Proses penggosokan yang dianjurkan adalah 10-15 detik, lalu setelah itu gunakan air hangat untuk membilas.

  1. Mengombinasikan kopi dan gula

Sebagai minuman berkafein, kopi memang tidak baik untuk para penderita hipertensi. Namun justru karena kandungan kafein inilah yang bisa membuat kopi menjadi bermanfaat. Manfaat kopi untuk kulit wajah dan badan sudah tak diragukan lagi asalkan Anda mencampurnya dengan gula agar menjadi scrub yang sempurna.

Caranya: Ambil kopi bubuk seperti yang biasa Anda konsumsi dan sediakan secukupnya. Campurkan ke dalam air hangat dan tambahkan pula gula 2 sendok teh. Setelah jadi, campuran scrub ini bisa digosokkan ke area tubuh yang Anda ingin rawat secara merata. Bilas menggunakan air hangat sesudah 10-15 detik dari proses penggosokan.

  1. Mencampurkan telur dan jeruk nipis

Kalau sebelumnya Anda sudah tahu bagaimana menggunakan putih telur sendiri dan juga jeruk nipis sendiri, kali ini Anda perlu mengombinasikannya. Karena keduanya terkenal bagus untuk mencerahkan kulit serta mengangkat kulit mati, ada baiknya untuk Anda coba campur untuk membuat krim alami.

Caranya: Kedua bahan bisa dicampur merata yang dilanjutkan dengan memanaskannya kemudian menggunakan panci. Ketika sudah terlihat padat, angkat dan biarkan sampai dingin lebih dulu. Setelah itu pindahkan ke wadah lainnya, baru setelah itu krim bisa Anda oles ke badan sebelum mandi. Anjuran pemakaian adalah sehari 2 kali selama 15 menit, lalu bilaslah ketika mandi.

  1. Memakai jus lemon

Berkandungan sifat astringent yang mampu mengencangkan kulit serta mengurangi produksi minyak berlebih, jus lemon pun mampu memutihkan kulit. Karena kaya akan antioksidan serta vitamin C, tak salah bila ekstrak atau jusnya bisa membantu regenerasi sel-sel kulit baru secara aman.

Caranya: Yang Anda butuhkan hanyalah buah lemon beserta kapas. Setelah jusnya Anda peras, gunakan kapas untuk kemudian dicelupkan ke jusnya. Setelah itu terapkan langsung ke area tubuh yang Anda ingin putihkan. Tunggu sekitar setengah jam sebelum Anda membersihkannya menggunakan air biasa. Ulangi perawatan semacam ini setiap hari agar hasil yang didapat bisa maksimal.

  1. Menggunakan minyak almond

Bahan alami lainnya yang pas untuk digunakan sebagai pemutih kulit badan Anda adalah minyak almond yang kaya akan vitamin B2, B6 dan vitamin E. Kandungan niacinamide-nya pun tinggi sehingga akan mengurangi risiko pigmentasi kulit yang tak diharapkan. Selain mampu memutihkan, noda-noda hitam mengganggu juga bakal dipudarkan.

Caranya: Sediakan minyak almond yang dibutuhkan, lalu hangatkan lebih dulu sebelum bisa Anda oles ke bagian tubuh yang ingin Anda rawat. Ketika mengoles, beri pijatan lembut juga selama 10-15 menit supaya meresap sempurna. Setiap hari ulangi perawatan ini hingga hasilnya nampak, baru setelah itu lanjutkan seminggu 2-3 kali saja. Penerapan yang dianjurkan adalah sebelum tidur.

  1. Memakai susu

Manfaat susu untuk kulit wajah dan tubuh sudah begitu banyak terdengar dan kali ini Anda pun tak boleh melewatkan bahan satu ini. Kandungan kalsium di dalam susulah yang bakal menjadi pengatur warna normal kulit. Asam laktatnya pun mampu menolong menurunkan potensi pigmentasi kulit sambil mencerahkannya juga.

Caranya: Panaskan secangkir susu lebih dulu sebelum digunakan untuk perawatan. Sediakan kain bersih atau handuk yang bisa Anda celupkan nantinya ke susu hangat tersebut. Terapkan ke bagian kulit yang kusam dan hitam sambil memijat-mijatnya lembut selama 3-5 menit. Setiap hari hendaknya cara ini diulangi sekitar selama 2 minggu demi hasil paling baik.

  1. Memanfaatkan ekstrak murbei

Sebetulnya sudah cukup umum menemukan ekstrak murbei pada sejumlah produk kosmetik. Manfaatnya sangat besar dalam membuat akivitas tirosinase terhambat, bahkan juga mampu menjadi penentu produksi melanin. Pigmentasi gelap biasanya berawal justru dari aktivitas tirosinase yang tak bisa dikendalikan sehingga sintesis melanin meningkat selama melanoma.

Caranya: Memutihkan kulit dengan bahan ini cukup sederhana, Anda hanya memerlukan ekstrak murbei bersama dengan lotion yang biasa Anda pakai. Ekstrak ini bisa langsung ditambahkan ke lotion kulit milik Anda. Setelah dicampur, baru Anda oles seperti biasa ke kulit badan. Dalam sehari, Anda bisa mengulangi perawatan sebanyak 2 kali untuk hasil termaksimal.

  1. Menggunakan madu

Bila sebelumnya Anda perlu mencampurkan madu dengan pisang yang sudah dihaluskan lebih dulu, kali ini hanya madunya saja yang bisa Anda gunakan. Selain mampu memutihkan, madu sangat bagus dalam melembabkan kulit serta meregenerasi sel-sel kulit. Jerawat, bekas luka, dan flek hitam akan diatasi oleh kandungan sifat antibakterinya.

Caranya: Dapatkan madu murni yang organik dan ambil secukupnya untuk Anda terapkan ke bagian kulit yang gelap. Sesudah pengaplikasian merata, tunggu 3-5 menit baru bisa dibilas menggunakan air hangat. Penggunaan setiap hari lebih dianjurkan supaya kulit cepat menjadi putih, cerah dan tampak lebih muda.

  1. Menggunakan madu kombinasi lemon

Cara memutihkan kulit yang selanjutnya adalah dengan campuran madu dan lemon. Sebagaimana yang kita ketahui lemon kaya akan vitamin C serta lemon juga bermanfaat untuk mempercepat proses regenerasi kulit dimana kulit yang sudah mati akan mudah terlepas dan diganti dengan kulit baru.

Cara penggunaanya yaitu siapkan madu dan air leon masing-masing sebanyak 1-5 sdt atau secukupnya. Campurkan kedua bahan tersebut hingga teraduk sempurna. Oleskan pada seluruh kulit tubuh secara merata. Diamkan selama 20-30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Lakukan cara ini secara rutin setiap hari sebelum mandi pagi.

  1. Memakai lidah buaya

Ada kandungan baik di dalam lidah buaya yang tak hanya sekadar melembabkan dan melembutkan kulit, melainkan juga mencerahkan secara alami. Senyawa aloesin adalah yang bisa Anda andalkan sebagai penghambat aktivitas tirosinase. Lidah buaya atau aloe vera pun menyimpan sifat antioksidan yang akan menyehatkan kulit.

Caranya: Ambil ekstrak lidah buaya, yaitu dalam bentuk gel yang biasanya Anda bisa dapatkan dari batang daunnya. Setelah gelnya diambil, langsung oleskan saja ke seluruh bagian kulit Anda yang gelap. Dalam sehari, lakukan perawatan ini sebanyak 4 kali dan setelah 2 minggu Anda bisa melihat hasilnya. Sesudah hasilnya ada, lanjutkan dengan perawatan sehari 2 kali dalam 1 bulan berikutnya.

  1. Menggunakan oatmeal

Selain baik menjadi sarapan para penderita kolesterol tinggi dan penyakit jantung, oatmeal mampu merawat kulit juga. Pertumbuhan sel kulit baru dapat meningkat menggunakan oatmeal sehingga saat ada sel kulit baru, otomatis warna kulit pun menjadi lebih putih dan cerah.

Caranya: Sediakan oatmeal beserta jus tomat di mana keduanya bisa dicampurkan. Ramuan campuran keduanya bisa Anda terapkan ke kulit badan, lalu biarkan kurang lebih 20 menit. Gunakan air dingin untuk membilas sampai bersih sambil menggosok lembut kulit Anda agar sel-sel kulit mati bisa terangkat. Kulit pun bakal terasa lebih elastis, kenyal dan halus.

  1. Memakai pepaya

Cara alami lainnya yang pas untuk Anda coba karena sangat sederhana dalah menggunakan pepaya yang mengandung sifat pemutih alami. Pada buah pepaya, ada banyak nutrisi yang bakal sangat terpercaya dalam memberikan kulit tubuh Anda cahaya yang alami.

Caranya: 1 buah pepaya dapat Anda siapkan yang bisa dimanfaatkan untuk perawatan dari luar maupun dari dalam. Untuk perawatan luar, ambil sepotong pepaya untuk Anda gosok-gosokkan ke kulit badan Anda. Tunggu kering dalam beberapa menit, kemudian pakai air dingin sebagai pembilasnya. Demi mendapat hasil terbaik, Anda bisa coba makan pepaya juga setiap hari karena juga menyehatkan tubuh serta kulit secara menyeluruh.

  1. Memanfaatkan kentang

Sebetulnya, lebih tepat bila dikatakan bahwa jus atau ekstraknya saja yang bisa dimanfaatkan dari kentang untuk memutihkan kulit. Sifat pemutih alami dapat dijumpai pada makanan berkarbohidrat tinggi ini. Vitamin C di dalamnya pun begitu tinggi yang bisa menjadikan kulit cerah dan bersih dari sel-sel kulit mati.

Caranya: Sediakan kentang secukupnya, lalu kupas dan potong-potonglah. Ambil jus atau ekstraknya yang kemudian Anda oles lembut ke bagian kulit gelap milik Anda. Prosesnya bisa dengan menggosokkan sepotong kentang ke bagian tubuh dan membiarkan jusnya meresap ke dalam kulit selama 15-20 menit. Bersihkan menggunakan air dan lakukan perawatan ini seminggu 2 kali saja.

  1. Menggunakan mentimun

Ada banyak tips agar kulit menjadi putih secara alami dan segar, namun salah satunya adalah dengan menggunakan mentimun. Dengan bahan ini jugalah, kulit Anda bisa dijadikan lebih kenyal karena mampu mengikat kolagen di dalam tubuh. Warna kulit pun bakal semakin bercahaya serta tampak lebih menarik.

Caranya: Iris-irislah mentimun yang sudah Anda siapkan, lalu terapkan ke kulit yang ingin Anda cerahkan. Atau alternatifnya, Anda bisa mengoleskannya ke kulit supaya jus atau ekstraknya terserap sempurna ke dalam kulit daripada hanya menempelkannya. Tunggu 10-15 menit sebelum bisa dibersihkan; pakai air hangat untuk pembilasan. Perawatan sehari 2 kali adalah yang paling baik.

  1. Memakai ekstrak bearberry

Pernah mendengar tanaman uva-ursi? Tanaman inilah yang memiliki ekstrak bearberry dan mengandung sifat pencerah kulit alami. Senyawa aktif di dalam ekstrak ini hanya ada dua, yaitu hidroquinon dan arbutin. Melanin dapat dihambat dan kulit dapat dicerahkan secara luar biasa.

Caranya: Sediakan ekstrak bearberry berikut juga lotion yang biasa Anda gunakan setiap harinya. Ekstrak tersebut perlu Anda tambah dan campurkan ke lotion yang hendak Anda pakai. Setelah tercampur, terapkan ke kulit Anda secara rutin supaya badan putih alami secara maksimal.

  1. Memutihkan tubuh dengan scrub gula

Kalau di atas sudah disebutkan soal scrub kopi dan gula, maka sebagian orang telah membuktikan bahwa hanya gula yang dibuat scrub sudah dapat digunakan untuk memutihkan kulit tubuh.

Caranya yaitu dengan melarutkan gula dengan air hingga membentuk scrub. Gunakan scrub gula ini untuk memutihkan badan Anda, misalnya untuk dioleskan pada permukaan kulit disekitar sikut atau lutut.

Seperti biasa, setelah itu diamkan sejenak baru setelahnya dibersihkan.

  1. Bubuk cendana

Panduan memutihkan badan secara alami selanjutnya adalah dengan memakai bubuk cendana merah. Bubuk cendana merah ini bila dipadukan dengan susu bubuk jadi menyingkap bintik gelap pada kulit tubuh.

Cara memutihkan badan secara alami dengan bubuk cendana serta susu bubuk ini dimuali dengan mencampurkan keduanya lantas dberi sedikit air dan gunakan sebagai masker alami untuk wajah dan badan.

Kalau kulit hanya gelap sedikit karena panas matahari misalnya, maka cara ini bisa untuk memutihkan kulit tubuh secara alami dalam 1 hari saja.

  1. Mandi alias bersihkan tubuh

Serajin apa pun kamu melakukan perawatan di atas, jika tidak dibarengi dengan rutin membersihkan tubuh (mandi) hal tersebut tidak akan membuahkan hasil yang maksimal. Mandi minimal 2x sehari dapat membuat tubuh kamu bersih dari kotoran debu serta polusi dan membuat kamu terasa lebih segar sehingga kamu bisa melanjutkan aktivitas harian lainnya.

Perhatikan juga penggunaan sabun dan sponge. Gunakanlah sabun dan sponge yang berbahan lembut agar tidak terjadi iritasi saat setelah pemakaian.

Demikianlah cara memutihkan badan secara alami paling ampuh yang bisa Anda, baik pria maupun wanita, praktikkan di rumah. Tanpa harus perawatan mahal, Anda bisa menggunakan cara-cara tradisional tersebut demi kulit badan cerah dan semakin menarik. (Sumber: hariangadis.com, klinikkecantikan.co.id, portalremaja.co.id, temancantik.com, wikipedia.org)