Fakta dan foto-foto mobil Digdaya Esemka terbaru

Mobil Esemka yang kemunculannya beberapa tahun lalu berbarengan dengan mulai bersinarnya nama Jokowi di percaturan politik nasional kini menjadi perbincangan ladi di media sosial. Ramainya perbincangan ladi Esemka itu bermula dari gambar yang beredar yang pertama kali diunggah Didik Wahyudhi di akun FBnya.

Saat itu foto yang diunggah hanya memperlihatkan bagian belakangnya. Lantas, beberapa akun media sosial Facebook lain, mulai ada yang mengunggah foto lengkapnya, di mana diketahui kalau model Digdaya milik Esemka, merupakan model terbaru pikap double cabin. Model ini menurut Kompas bisa jadi bakal berjajar dengan model seperti Ford Ranger, Toyota Hilux dan Mitsubishi Triton.

Sebelumnya pernah disebutkan pula oleh media itu kalau model double cabin memang masuk daftar produk yang akan segera diproduksi massal. Digdaya generasi terbaru ini akan dilengkapi mesin 2.0L.

Model double cabin Esemka Digdaya.
Model double cabin Esemka Digdaya.(Dari akun Facebook Anindya Tejo Martoyo.)

Dari foto yang diunggah akun facebook Anindya Tejo Martoyo, pikap kabin ganda Esemka punya tampilan gagah dan cukup kekinian, sehingga tak kalah dengan para pemain lama dari Jepang maupun Amerika.

Pada bagian fascia depan, headlamp dengan desain sedikit menyipit menyatu dengan grille depan, dilengkapi dengan foglamp pada sisi bawah. Pada bagian samping, garis tegas tampak mmebentang dari lampu utama sampai pintu kedua belakang.

Model double cabin Esemka Digdaya 2
Model double cabin Esemka Digdaya.(Dari akun Facebook Anindya Tejo Martoyo.)
Model double cabin Esemka Digdaya
Model double cabin Esemka Digdaya.(Dari akun Facebook Anindya Tejo Martoyo.)
Model double cabin Esemka Digdaya
Model double cabin Esemka Digdaya.(Didik Wahyudhi)

Mengunakan mesin diesel, dengan kapasitas mesin 2.000 cc, tenaganya mencapai 100 kW dan torsi 300 Nm dengan transmisi lima percepatan manual. Sementara untuk penggeraknya masih belum diinformasikan. Sampai saat ini beberapa pihak yang berafiliasi dengan Esemka, masih belum bisa dihubungi.

Produksi Adiperkasa

Seperti kita tahu, awalnya direncanakan setelah pabrik selesai pada Juni 2016, PT Adiperkasa Citra Esemka siap memproduksi produk terbaru mobil merek nasional. Dari total lima model, Kompas berhasil mendapat bocoran sketsa dan spesifikasi salah satu model andalannya.

Meski belum mau mengonfirmasi, melihat dari wujudnya, model ini bakal menjadi generasi terbaru Digdaya. Kabin ganda andalan merek nasional Indonesia, Esemka ini sekilas wujudnya mirip dengan generasi terbaru Ford Ranger.

Menurut sumber mobil ini nantinya akan dibekali dengan mesin berkapasitas 2.000 cc. Tapi untuk tipe mesin ia mengaku belum tahu jenisnya.

“Pakai mesin diesel, kapasitas 2.000 cc untuk yang double cabin, tenaganya itu 100 kW dan torsi 300 Nm dengan transmisi lima percepatan manual. Tapi untuk tipe mesin dan pengeraknya saya belum tahu,” ucap sebuah sumber.

Dari segi dimensi, mobil kabin ganda Esemka ini akan memiliki panjang 5219 mm, lebar 1870mm, tinggi 1844mm, dan sumbu roda 3100 mm. Sedangkan dimensi bak memilik ukuran panjang 1497 mm, lebar 1499 mm, dan tinggi 530 mm.

Untuk sistem pengendalianya sudah menggunakan hydrolic power steering layaknya mobil modern saat ini. Untuk fitur keselamatan sistem pengereman depan dilengkapi dengan cakram plus boosteranti-lock braking sistem (ABS), serta electronic brakeforce distribution(EBD) yang berfungsi untuk memperpendek jarak pengereman.

Untuk suspensi sendiri, bagian depan sudah dialokasikan model double wishbone dengan peredam double action hydrolic . Sedangkan bagian belakang menggunakan Axle rigid per daun dengan peredam yang sama dengan bagian depan.

Data Spesifikasi Lengkap Digdaya Esemka

Dimensi

Panjang Total (mm)                5.219
Lebar Total (mm)                    1.870
Tinggi Total (mm)                   1.844
Jarak Sumbu (mm)                3.100
Roda Depan  (mm)                1.580
Roda Belakang (mm)             1.580
Julur Depan  (mm)                   905
Julur Belakang  (mm)            1.214
Jarak Bebas Min (mm)            200
Dimensi Bak Muatan  (mm)    1.497 x 1.499 x 530

Mesin

Sistem Pembakaran                                   Kompresi
Jumlah dan konfigurasi silinder                  4 Sebaris (4L)
Diameter x Langkah torak (mm x mm)            80.00 x 92.00
Daya max  (kW/rpm)                                       100 / 4.000
Torque Max  (Nm/rpm)                                    300 / 2.800
Idle speed (rpm)                                              800
Volume Silinder (cc)                                       1.980

Transmisi

Sistem Kendali Transmisi    Manual
Perbandingan Gigi :
Gigi 1                3,380
Gigi 2                2,330
Gigi 3                1,436
Gigi 4                1,000
Gigi 5                0,789

Pengereman

Tipe Rem Depan                    Cakram ventilasi
Tipe Rem Belakang                Drum
fitur Rem Utama                     Booster, ABS, EBD

Suspensi

Depan :
Tipe Suspensi                     Double Wishbone
Tipe Pegas                          Spiral
Jenis Peredam Kejut           Double Action Hydrolics
Sistem Stabilizer                  U-type
Belakang :
Tipe Suspensi                      Axle Rigid XLE RIGID
Tipe Pegas                           Daun
Jumlah Daun                         5
Jenis Peredam Kejut            Double Action Hydrolics
Sistem Stabilizer                  U-type

Sejarah mobil Esemka

Esemka adalah produk mobil hasil rakitan siswa-siswa Sekolah Menengah Kejuruan yang bekerja sama dengan institusi serta industri dalam negeri dan beberapa perusahaan lokal dan nasional. Kandungan komponen lokal (dalam negeri) berkisar antara 20%-80%.

2007 – SMK Indonesia Bermitra AIK ( Autocar Indutri Komponen ) merancang dan memprouksi komponen engine mobil 1500 cc

2008 – SMK Indonesia bersama  AIK meneruskan program pembuatan komponen  engine

2009 – SMK bermitra PT Nasional Motor membuat  body double cabin dan bersama PT Mageda membuat  body SUV dan direstui Presiden Susilo Bambang Yudhoyuno dlm pameran di ITB Bandung

2010 – Bermitra  dgn Foday  dan Jinbei dan  UKM utk mengembangkan  mobil SUV dan minitruck  uji produk di pameran Indonesia International Manufacturing ( IIM 2010 ) mendapat sambuatan  masyarakat sangat bagus mendirikan PTSolo Manufaktur Kreasi sekaligus menjadi pemegang merk Esemka

2011 – PT Solo Manufaktur Kreasi  mengurus perijinan produksi (Kemenperin) dan kelayakan jalan (Kemenhub dan BTMP) sesuai  Peraturan Pemerintah hingga Layak  diperdagangkan dan berhasil hingga tahun ini.

2012 – PT Solo Manufaktur Kreasi  mengeluarkan Varian Rajawali R2 dan Bima 1.1 dan menjalin kerjasama dengan beberapa pabrikan komponen luar negeri dan ukm Indonesia untuk pengembangan varian

2013 – PT Solo Manufaktur Kreasi  Berhasil mengeluarkan memperdagangkan beberapa unit dari varian Esemka Rajawali untuk media belajar dan mobil dioperasionalkan

2014 – Esemka Merancang mobil angkutan pedesaan dan angkutan umum masal dan juga beberapa angkutan berpenumpang banyak ( Minibus dan Minitruck )

Model

Beberapa Varian Mobil Esemka antara lain

Esemka Rajawali

Esemka Rajawali merupakan model SUV bermesin Esemka 1.5i, 1.500 cc multi point injection 4 silinder yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 103 tenaga kuda pada putaran 5.500 rpm dengan torsi puncak hingga 145 Nm di 4.100 rpm.

prototype Esemka Rajawali
Prototipe Esemka Rajawali

Rajawali mampu menampung 7 orang karena mempunyai panjang 5.035 mm, lebar 1.690 mm, dan tinggi 1.630 mm. Rajawali juga telah dibekali sederet fitur elektronik mirip SUV premium lainnya, misalnya central lock, power window, AC dual zone, sensor parkir, hingga head unit CD player.

Rajawali dirakit oleh SMK Negeri 2 Surakarta dan SMK Warga Surakarta. Mobil Esemka Rajawali menjadi terkenal setelah Joko Widodo, mantan wali kota Solo memakainya sebagai mobil dinasnya. Esemka Rajawali akan diuji emisi sebelum siap diproduksi massal.

Esemka Rajawali R2

Esemka Rajawali (R2) adalah varian dan pengembangan dari tipe Esemka Rajawali I (Alpha), dengan kekuatan mesin 1600cc dan berpenumpang 5 orang. Pengembangan Esemka Rajawali R2 ini bertitik tumpu pada mesin dengan yang lebih besar dari sebelumnya. Tetap mengacu pada tipe SUV dan mengedepankan fitur keamanan. Esemka Rajawali R2 dilengkapi dengan ABS (Anti Lock Brake System), BA (Brake assist), EBD (Electronic brakeforce distribution), dan SRS Air Bag.

Esemka Digdaya 1

Esemka Digdaya merupakan model pikap kabin ganda yang dirakit oleh SMK 1 Singosari. Kendaraan ini berjenis MPV dan dipamerkan dalam Pameran Produk Indonesia 2009 Di Kemayoran Jakarta. Tenaga penggerak menggunakan mesin eks Timor 1.500 cc. Mobil Esemka Digdaya dirancang multifungsi, baik untuk kenyamanan berkendara maupun niaga. Kuat menampung hingga lima orang dan kabin belakangnya bisa mengangkut sepeda atau barang belanjaan. Digdaya dan Rajawali mempunyai spesifikasi mesin dan bodi yang sama. Mobil Digdaya ini dibanderol dengan harga di bawah Rp150 juta. Pilihan-pilihan untuk Rajawali dan Digdaya tersebut antara lain mesin bensin berkapasitas 1.800 cc, 2.000 cc, dan 2.200 cc. Sedangkan untuk yang berbahan bakar diesel sudah disiapkan 2.500 cc.

Esemka Digdaya Generasi I
Esemka Digdaya Generasi I

Dalam perkembangannya, Esemka Digdaya dikembangkan oleh beberapa SMK diseluruh pelosok tanah air, dan telah dilahirkan Esemka Digdaya II bermesin Esemka 1.5i dari SOLO Jawa Tengah.

Esemka Bima 1.5

Esemka Bima Pick Up 1.5i merupakan model van yang dirakit oleh SMK Negeri 6 Malang.

Esemka Bima 1.1

Esemka Bima 1.1 adalah Varian pick up dengan kapasitas mesin 1100 cc berpenumpang 2 orang, menggunakan AC dan Power Sterring. Hasil uji coba mampu menempuh 20 km dengan kunsumsi bahan bakar 1 liter. Menggunakan bak model tree way

Esemka Bima

Esemka Bima 1.3

Esemka Hatchback

Esemka Hatchback merupakan model mobil kota dengan mesin 1.5i multi injection.

Esemka Surya

Esemka Surya merupakan mobil Esemka yang dirakit oleh SMK Muhammadiyah 2 Borobudur bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Beberapa model yang dibangun antara lain mobil ambulans, mobil box roti, Sang Surya Esemka Rajawali, Sang Surya Esemka Double Cabin dan Sang Surya Mini Truk. Mobil ambulans yang diluncurkan telah memiliki kelengkapan surat izin resmi dan telah laik jalan. Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 2 Borobudur, Suyitno mengklaim bahwa Esemka Surya Mini Truk mengandung 90% komponen lokal.

Esemka Zhangaro

Esemka Zhangaro merupakan model pikap niaga yang dirakit oleh SMK Negeri 10 Malang.

Esemka Patua

Esemka Patua adalah truk mini (pikap) yang dirakit SMK Negeri 2 Surabaya.

Esemka Borneo

Esemka Niaga

Esemka Digdaya II (Sumber: Kompas, wikipedia.org)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *