Detik-detik mengerikan terjangan angin puting beliung di Sidoarjo

Angin puting beliung memorakmorandakan kawasan Tambak Sawah, Sidoarjo Jatim pada Rabu sore (22/11/2017). Areal yang paling parah dialami Desa Tambakrejo, Waru, terutama di wilayah RT2/RW1.

Berikut ini adalah sejumlah video terjangan puting beliung yang viral di media sosial:

Di kawasan Tambak Sawah, kubah sebuah masjid Darussalam bahkan terlepas dan terbawa angin. “Tidak ada yang tahu kemana kubah itu terbang sampai saat ini,” kata Imam, warga setempat.

Kepala BPBD Sidoarjo, Dwijo Prawito, mengatakan untuk Desa Tambak Rejo, angin merusak 533 rumah warga dan bangunan masjid serta musala.

“Di Tambak Sumur, ada 74 bangunan yang rusak, sementara di Tambak Sawah ada 11 rumah yang rusak,” katanya.

Total rumah warga yang rusak akibat diterjang puting beliung mencapai 618 rumah. Selain itu, BPBD juga juga mencatat ada 24 orang yang menjadi korban di Tambak Rejo dan 11 korban di Tambak Sumur.
Para korban tersebut mengalami luka-luka akibat ditimpa puing-puing yang dibawa oleh angin puting beliung.

Cara menghadapi puting beliung

Bencana angin puting beliung merupakan salah satu bencana yang dapat menimbulkan korban jiwa dan juga kerusakan. Tidak sedikit bangunan atau rumah yang rusak akibat bencana angin puting beliung. Oleh sebab itu bencana angin puting beliung perlu diwaspadai.

Banyak cara untuk bisa mengantisipasi bencana angin puting beliung untuk meminimalisir dampak dari bencana angin puting beliung.

Untuk menghadapi angin puting beliung saat jauh dari tempat perlindungan, berikut tips yang bersumber dari kemkes.go.id.

Cari tempat yang aman, jangan diam di dekat pohon pohon besar. Ada baiknya Anda tiarap di tempat yang rendah seperti dekat saluran air dan sejenisnya. Tetap lindungi kepala Anda dengan lengan Anda.

Usahakan jangan berlindung di bawah jembatan atau jalan layang. Hal tersebut dihindari karena jika angin besar bisa meruntuhkan jembatan tersebut. Ada baiknya tetap tiarap pada tempat yang datar dan rendah.

Hindari mengendarai kendaraan saat akan menghindar dari angin puting beliung. Ada baiknya turun dari kendaraan dan menyelamatkan diri.

Waspada terhadap benda-benda yang diterbangkan angin puting beliung. Benda-benda itu dapat menyebabkan kematian atau cedera serius.