Ingin Sehat Selama Perjalanan, Lakukan Hal Berikut

Ingin Sehat Selama Perjalanan, Lakukan Hal Berikut
Ingin Sehat Selama Perjalanan, Lakukan Hal Berikut

Apakah untuk keperluan bisnis atau liburan, traveling bisa saja mengganggu rutinitas dan kenyamanan yang biasanya Anda nikmati di rumah. Anda mungkin mengalami apa yang disebut fase disorientasi. Sebuah kondisi dimana seseorang mengalami kehilangan daya untuk mengenali lingkungan yang sebelumnya cukup diakrabi. Karena itu Anda harus belajar mengatasinya sebelum berangkat.

Tak sedikit para traveller yang mengalami stres perjalanan yang merusak banyak rencana perjalanan dan menimbulkan banyak gangguan. Bagaimana bisa menikmati perjalanan jika Anda merasa tak nyaman, sakit atau sedih? Untungnya, stres selama liburan bisa dihindari. Dan cara terbaik untuk melakukannya adalah merencanakan perjalanan Anda dengan baik. Baca terus beberapa kiat menjaga kesehatan fisik dan mental selama liburan berikut ini :


Prepare sangat lah penting

1. Prepare sangat lah penting

Periksa kembali tiket transportasi dan reservasi hotel untuk memastikan semuanya beres. Jika Anda membutuhkan penjemputan taksi untuk membawa ke bandara, buat janji sehari sebelumnya. Jangan lakukan hal-hal tersebut pada hari H anda berangkat untuk menghilangkan pemicu stres yang tidak perlu, migrain, dan ketidaknyamanan lainnya yang disebabkan oleh akomodasi dan jadwal yang tidak dikonfirmasi atau pemesanan tanggal perjalanan yang keliru. Selanjutnya packing barang-barang bawaan dengan benar dan pastikan membawa cukup pakaian yang nyaman untuk perjalanan. Jika memungkinkan, buat daftar apa yang perlu Anda bawa sehingga Anda tidak melupakannya. Jangan melakukan packing malam sebelum Anda pergi untuk menghindari perasaan terburu-buru yang menimbulkan ketidaknyamanan dan bahkan stres yang tidak perlu. Jika Anda bepergian dengan anak-anak, lebih baik berkemas setidaknya seminggu sebelum perjalanan karena akan membutuhkan lebih banyak persiapan. Anak-anak pun mungkin harus mendapatkan vaksinasi terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan panjang, terutama ketika berlinur ke wilayah yang sedang endemik penyakit tertentu. Anda tentu tidak ingin anak-anak terkena flu saat berlibur. Jangan lupa membawa kit PPPK untuk berjaga-jaga.

Tidur yang cukup

2. Tidur yang cukup.

Orang bepergian untuk bersantai. Tetapi dengan semua gadget yang Anda harus angkut ketika meninggalkan rumah, kadang-kadang relaksasi hampir tidak mungkin dilakukan. Atur waktu untuk meninggalkan dunia teknologi selama beberapa jam, seperti ketika Anda ingin tidur siang di sore hari atau tidur di malam hari. Sangat penting untuk memiliki tidur yang berkualitas sehingga tubuh dapat di-cas ulang dan siap untuk menghadapi perjalanan. Anda tentu tidak ingin merasa lesu ketika mengunjungi situs bersejarah yang megah atau bermain parasailing di pantai bersama keluarga. Jika melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi menempuh jarak yang jauh, penting untuk beristirahat setelah beberapa jam mengemudi atau check in ke motel terdekat untuk mendapatkan istirahat yang sangat dibutuhkan.

Berolahraga
Berolahraga

3. Berolahraga

Jadwal olahraga yang biasa Anda lakukan pastinya terganggu karena sedang jauh dari rumah. Salah satu bentuk olahraga yang dapat dilakukan saat bepergian adalah berjalan. Jika tempat wisata yang harus dikunjungi tidak jauh satu sama lain, coba dengan jalan kaki untuk sampai ke sana. Selain menyehatkan, berjalan juga memberi Anda lebih banyak kesempatan untuk menikmati suasana sekeliling. Jika Anda kebetulan bermalam di hotel, tempat ini biasanya memiliki pusat kebugaran dan fasilitas kebugaran yang dapat digunakan para tamu.

Perhatikan diet Anda
Perhatikan diet Anda

4. Perhatikan diet Anda

Sangat mudah untuk meninggalkan diet yang biasa Anda lakukan ketika sedang tidak berada di rumah. Kebanyakan pelancong tidak menyukai apa pun selain menikmati makanan di tempat wisata. Tetapi hal itu juga berarti Anda membuat beberapa pilihan buruk yang akan Anda sesali. Jika Anda sadar tentang apa yang harus dimakan, Anda tentu paham jenis makanan apa saja yang sebaiknya dihindari. Untuk langkah amannya, Anda bisa menghindari menu makanan tanpa kalori. Yang paling penting dari semuanya, jangan lupa untuk minum banyak air selama perjalanan. Perubahan zona cuaca dan waktu, ditambah kegiatan yang harus Anda lakukan di perjalanan dapat membuat anda terkena dehidrasi.