Jalan-Jalan Murah Ke Kampung Ekowisata Kerujuk Lombok Utara

Jalan-Jalan Murah Ke Kampung Ekowisata Kerujuk Lombok Utara
Jalan-Jalan Murah Ke Kampung Ekowisata Kerujuk Lombok Utara
Jalan-Jalan Murah Ke Kampung Ekowisata Kerujuk Lombok Utara
Jalan-Jalan Murah Ke Kampung Ekowisata Kerujuk Lombok Utara

Pulau Lombok di Nusa Tenggara Barat (NTB) seakan tak ada habisnya untuk dieksplor kekayaan wisatanya. Salah satunya ada di Lombok Utara yang tidak cuma menawarkan tiga gili yang memang sudah sangat populer bagi para wisatawan. Bila sedang merencanakan perjalanan wisata ke Lombok Utara, coba arahkan tujuan ke desa nan sejuk dan asri yaitu Kampung Ekowisata Kerujuk.

Merujuk pada The Ecotourism Society (1990), ekowisata merupakan perjalanan wisata ke kawasan yang masih alami. Ekowisata memiliki tujuan utama melakukan konservasi alam sekaligus melestarikan tatacara dan kebiasaan sehari-hari penduduk di wilayah itu. Kampung Kerujuk persis seperti penjelasan dari komunitas ekoturisme tadi. Segalanya masih sangat alami dimana kegiatan sehari-hari dilakukan oleh para warga di sana secara gotong royong dan kental suasana kekeluargaan. Mengandalkan panorama persawahan menghijau lengkap dengan sungai berair jernih dan perbukitan nun jauh di sana.


Jalan-Jalan Murah Ke Kampung Ekowisata Kerujuk Lombok Utara
travel.detik.com

Kampung Ekowisata Kerujuk tepatnya berada di Dusun Kerujuk, Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, NTB. Kampung ini terkenal karena menawarkan nuansa pedesaan menghijau yang benar-benar asri. Lokasinya kurang lebih 1 kilometer dari Pelabuhan Bangsal sebagai titik awal menyeberang ke tiga gili yaitu Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno. Kampung ini pun dekat letaknya bagi para wisatawan yang baru turun dari Pusuk Pass. Sementara bila dari Kota Mataram kira-kira jaraknya 40 km yang membutuhkan waktu tempuh kurang-lebih 45 menit menggunakan mobil.

Dampak gempa Lombok yang terjadi belum lama ini juga meluluh-lantakkan kawasan Lombok Utara. Sehingga jangan heran bila sepanjang perjalanan menuju ke sana akan melihat pemandangan rumah-rumah yang roboh di kiri kanan jalan. Namun ajaibnya beberapa rumah tradisional di Dusun Kerujuk untuk tempat menginap para tamu yang datang sama sekali tak terdampak gempa. Rumah tradisional dengan meniru konstruksi rumah Suku Sasak dahulu kala itu dinamakan Bale Balaq. Mengambil tempat di tengah kawasan sawah yang menghijau. Karena tak terpengaruh sama sekali dengan goncangan gempa, beberapa orang menjuluki Bale Balaq sebagai rumah tahan gempa. Para tamu yang menginap dan berlibur di bungalow ini dijamin aman bila sewaktu-waktu gempa melanda kembali.

Nuansa alam pedesaan di Kerujuk memang benar-benar eksotis. Berbagai aktifitas pun dapat dilakukan di lokasi liburan yang satu itu. Para pelancong dapat mencoba berbagai wahana permainan outbound seperti flying fox yang menawarkan trek sepanjang 200 meter, berjalan-jalan di antara hijaunya sawah yang menghampar, dan bahkan bermain egrang dan silong tereng yang merupakan permainan tradisional di sana. Ada pula kolam pemancingan bagi mereka yang hobi dengan kegiatan yang satu ini. Kampung Ekowisata Kerujuk pun menawarkan kedai kopi yang menyuguhkan citarasa kopi yang berbeda dengan kopi-kopi pada umumnya. Makin asyik sebab wisatawan dapat menyeruputnya sembari memandang lepas ke arah perbukitan yang mengintari kawasan ini. Jangan lupa juga untuk menikmati hasil bumi Kampung Kerujuk seperti kacang rebus, ubi jalar rebus, pisang goreng, dan olahan singkong yang digoreng dengan bagian dalam ditambahkan gula merah. Hemm,.. sedap sekali rasanya.

wiranurmansyah.com

Kampung Ekowisata Kerujuk menempati area seluas 90 hektar namun baru 3 hektar saja yang sudah dikembangkan sebagai sebuah kawasan wisata. Saat tiba di kampung Ekowisata Kerujuk para wisatawan dikenakan tiket masuk sebesar Rp.5 ribu saja per orang sudah termasuk biaya parkir. Para wisatawan pun biasanya akan ditawari beberapa pilihan paket wisata dengan biaya yang cukup terjangkau. Ada paket wisata live in dengan tarif hanya Rp.200 ribu per orang. Paket ini akan memberikan layanan berupa penginapan di Bale Balaq, makan dua kali sehari dan menikmati 15 permainan seru misalnya belajar membajak sawah, menanam benih padi, menyusuri tepian sungai sembari menangkap ikan, kepiting dan udang.

Panorama alam pedesaan menghijau yang ditawarkan Kampung Ekowisata Kerujuk selalu sukses meneduhkan hati dan pikiran untuk sejenak melupakan tekanan tugas-tugas sehari-hari.