Kopi Super untuk Kesehatan, Bagaimana Cara Membuatnya

Kopi Super untuk Kesehatan, Bagaimana Cara Membuatnya
Kopi Super untuk Kesehatan, Bagaimana Cara Membuatnya
Kopi Super untuk Kesehatan, Bagaimana Cara Membuatnya
Kopi Super untuk Kesehatan, Bagaimana Cara Membuatnya

Selalu lupa mengkonsumsi vitamin harian Anda? Kebanyakan orang sepertinya juga begitu. Tetapi ada satu hal yang tidak pernah kita lupakan yaitu secangkir kopi di pagi hari. Jadi mengapa tidak menggabungkan saja kedua kegiatan tersebut? Tambahkan vitamin, antioksidan, dan gizi lain dalam kopi yang anda minum? Manfaatnya sangat banyak dari meningkatkan suasana hati, menambah energi, melindungi kesehatan organ hati hingga memperbaiki hubungan suami istri. Berikut bahan-bahan yang bisa ditambahkan untuk meningkatkan manfaat kopi dikutip dari Cosmopolitan :

Taburkan kayu manis untuk kesehatan jantung

1. Taburkan kayu manis untuk kesehatan jantung

Menambahkan bubuk kayu manis akan memberikan dosis antioksidan yang kuat. Citarasa kopi pun makin nikmat. Kayu manis populer sebagai bumbu dan obat alami dari ribuan tahun lalu. Bumbu ini penuh dengan senyawa alami pelindung yang salah satunya memiliki aktivitas antioksidan tertinggi di antara rempah-rempah lain. Menurut sebuah studi pada tikus, kayu manis dapat menambah perlindungan untuk jantung dan otak. Sebuah penelitian pada sel manusia pun memperlihatkan bisa menurunkan risiko kanker dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Caranya cukup mudah, tambahkan 1/2 sdt. kayu manis ke dalam secangkir kopi Anda di pagi hari. Pilih kayu manis jenis Ceylon meskipun jenis ini agak langka sehingga harganya lebih mahal, namun kualitasnya jauh lebih tinggi daripada kayu manis jenis cassia. Kayu manis jenis Ceylon juga lebih aman dikonsumsi secara teratur dibandingkan dengan jenis cassia. Cassia memiliki kandungan senyawa coumarin yang tinggi yang dianggap tidak aman untuk dikonsumsi dalam jumlah besar.

Tambahkan jahe untuk nyeri otot

2. Tambahkan jahe untuk nyeri otot

Jika hanya mengonsumsi jahe yang ditambahkan dalam roti (ginger breas), Anda kehilangan banyak manfaat kesehatan. Salah satu cara termudah untuk mendapatkan manfaat dari jahe adalah menaburkan sedikit ke dalam kopi. Kopi akan lebih beraroma segar dan juga sedikit pedas. Jahe telah menjadi salah satu bahan pengobatan alami yang umum untuk mual selama berabad-abad. Jahe mengandung antioksidan kuat dan senyawa anti-inflamasi. Jahe juga bisa mengurangi nyeri otot, menurunkan kolesterol, dan membantu memperlancar pencernaan. Cukup dengan menambahkan 1 sendok bubuk jahe ke secangkir kopi sebelum diseruput. Bila tak memiliki bubuk jahe namun memiliki rimpang segarnya, cukup dengan menambahkan 3 cm saja ke dalam kopi. Jangan lupa untuk mengupas kulitnya untuk kemudian dicuci dan dimemarkan terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke seduhan kopi.

Tingkatkan perlindungan kesehatan dengan jamur
Tingkatkan perlindungan kesehatan dengan jamur

3. Tingkatkan perlindungan kesehatan dengan jamur

Kopi dan jamur mungkin menjadi perpaduan yang aneh. Namun ketahuilah bahwa minuman yang ditambahkan jamur dapat memiliki beberapa manfaat mengejutkan pada kesehatan Anda. Jamur memiliki kualitas antivirus, anti-inflamasi, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Dipenuhi dengan antioksidan, jamur memiliki efek antikanker pada tikus, dan penelitian lain pada tikus pun dapat mencegah penyakit hati. Jamur juga dapat membantu kesehatan pencernaan karena memiliki kandungan prebiotik yang kuat. Jenis jamur yang bisa digunakan adalah dari jenis Cordyceps atau Reishi.

Bantu kesehatan pencernaan dengan kunyit

4. Bantu kesehatan pencernaan dengan kunyit

Jika Anda sering mengunjungi blog kesehatan, Anda mungkin tidak asing dengan latte kunyit yang terkenal itu. Bumbu dapur dengan warna keemasan ini memiliki banyak khasiat yang tak pernah diperhitungkan sebelumnya. Sudah berapa banyak obat-obatan yang berasal dari senyawa kurkumin, yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat. Senyawa antioksidan tadi akan mendukung proses detoksifikasi hati, membantu pencernaan, dan bahkan membantu mengobati depresi. Untuk meningkatkan manfaat kesehatan kunyit, kombinasikan juga dengan sedikit lada hitam. Senyawa yang terkandung dalam lada hitam akan meningkatkan bioavailabilitas kunyit, membuat fungsinya makin efektif meski dalam dosis yang kecil.

 

 

Seimbangkan hormon dengan maca
healthessentialsdirect.co.uk

5. Seimbangkan hormon dengan maca

Mungkin Anda pernah melihat serbuk maca, terbuat dari tanaman akar maca yang sering dijual di toko obat tradisional. Akar Maca secara tradisional digunakan untuk meningkatkan kesuburan, dan terbukti memiliki efek penyeimbang hormon dalam penelitian pada tikus. Obat tradisional yang satu ini juga telah diteliti dan mampu meningkatkan kemampuan atlet, menambah energi, dan meningkatkan gairah seksual. Belum lagi, serbuk maca ini sangat bergizi. Maca mengandung lebih dari 20 asam amino (termasuk delapan asam amino esensial), 20 asam lemak bebas, tinggi protein dan vitamin C. Untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang optimal dari maca, tambahkan serbuknya 1 – 3 sdt ke dalam secangkir kopi. Mengkonsumsinya setiap hari dianjurkan.

Anti-depresi dengan cokelat
Anti-depresi dengan cokelat

6. Anti-depresi dengan cokelat

Cokelat dan kopi memang merupakan perpaduan yang tiada duanya. Bubuk kakao mentah adalah salah satu makanan super dengan kandungan antioksidan paling kuat, sumber zat besi berbasis tanaman tertinggi sehingga bagus untuk kesehatan organ hati. Efek anti inflamasi dari kakao mampu untuk menurunkan tekanan darah, meningkatkan HDL (lemak baik, menurunkan kolesterol LDL (lemak buruk). Manfaat kognitifnya bisa meningkatkan suasana hati, lalu efek antidepresan-nya membuatnya bagus untuk kesehatan otak. Aduk 1 sdm kakao mentah ke dalam secangkir kopi Anda untuk meningkatkan sumber serat makanan, antioksidan, dan magnesium. Pilih cokelat mentah organik untuk mendapatkan manfaat paling banyak, dan ketahui dulu perbedaan antara bubuk kakao mentah dan kakao.