Sakitkah Ditato, Berikut Penjelasannya

Sakitkah Ditato, Berikut Penjelasannya
Sakitkah Ditato, Berikut Penjelasannya
Sakitkah Ditato, Berikut Penjelasannya
Sakitkah Ditato, Berikut Penjelasannya

Tato adalah jenis seni menggambar dengan media kulit tubuh dimana cat yang digunakan melekat permanen. Gambar dibuat dengan menusuk kulit menggunakan jarum kemudian tinta, pewarna, dan pigmen disuntikkan ke lapisan dalam kulit. Tato dibuat secara manual dimana seniman tato akan menusuk kulit menggunakan jarum dan menyuntikkan tinta dengan tangan. Dalam perkembangannya beberapa seniman tato profesional pun ada yang menggunakan mesin tato. Mesin tato bekerja dengan menggerakkan jarum ke atas dan ke bawah saat tinta disemprotkan ke kulit.

Anda tertarik untuk mentato tubuh anda? Pertama, Anda harus memahami bahwa tato itu bersifat permanen. Menghapus tato itu sulit, mahal, dan tidak sepenuhnya akan terhapus sempurna. Sebelum menjalani proses ditato, pastikan Anda telah memiliki semua imunisasi terutama hepatitis B dan tetanus. Kemudian jika Anda memiliki masalah medis seperti penyakit jantung, alergi, diabetes, masalah kulit seperti eksim atau psoriasis, sistem kekebalan yang lemah, atau masalah pendarahan, konsultasikan dengan dokter sebelum mentato. Juga, jika Anda memiliki keloid (pertumbuhan berlebih dari jaringan parut), Anda disarankan tak menjalani proses tato.


Sakitkah Ditato, Berikut Penjelasannya

Meskipun orang dengan tato mulai dianggap biasa, namun memiliki gambar tato di tubuh dapat menutup peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan atau meningkatkan karir Anda. Karena itu jika anda memang berkeinginan mentato, jangan memilih di bagian tubuh yang terbuka seperti di lengan tangan atau di leher. Kedua, sangat penting untuk melindungi diri dari infeksi jika Anda memutuskan untuk mentato tubuh. Pastikan juga studio tato yang dipilih itu bersih dan aman dalam arti semua peralatan yang digunakan adalah sekali pakai (jarum, tinta, sarung tangan) dan juga sudah disterilkan.

Sebuah studio tato profesional selalu mengutamakan kebersihan dan keamanan. Berikut beberapa hal yang harus ditanyakan sebelum memutuskan memilih studio tato tersebut :

– Apakah studio tato menggunakan jarum sekali pakai dan mensterilkan semua peralatan menggunakan autoklaf (alat semacam panci presto untuk sterilisasi)? Anda harus melihat sendiri jarum dan berbagai peralatan lain dikeluarkan dari wadah yang tertutup dan steril.

– Apakah studio tato menggunakan kartrid tinta sekali pakai yang dibuang sesudah digunakan?

– Apakah seniman tato adalah seorang praktisi berlisensi?

– Apakah studio tato mengikuti prosedur medis? Yaitu prosedur yang harus diikuti ketika berurusan dengan darah dan cairan tubuh lainnya untuk mencegah penyebaran HIV, hepatitis B, dan infeksi darah serius lainnya. Jika studio terlihat kotor, jika ada sesuatu yang tampak di luar kewajaran, atau jika Anda merasa tidak nyaman, carilah studio tato lain yang lebih baik.

Sakitkah Ditato, Berikut Penjelasannya

3. Prosedur normal mentato

– Seniman tato harus mencuci tangannya dengan sabun antibakteri dan air dan memakai sarung tangan bersih dan baru. Mungkin juga mengenakan masker bedah.

– Area kulit yang harus ditato di tubuh Anda dicuci dengan sabun dan dicukur, jika perlu. Seniman tato akan menggambar atau membuat stensil desain pada kulit Anda.

– Area kulit dibersihkan lagi dengan alkohol atau antiseptik. Lapisan tipis salep seperti petroleum jelly pun dioleskan ke kulit yang hendak ditato.

– Menggunakan mesin tato dengan jarum steril terpasang, seniman tato akan mulai menggambar garis besar tato. Seniman tato dapat mengganti jarum, tergantung pada desain dan efek yang diinginkan. Semua jarum harus sekali pakai atau disterilkan.

– Darah atau cairan apa pun dihapus dengan kasa atau kain yang steril.

– Setelah selesai, area kulit yang sekarang tertutup gambar tato, dibersihkan sekali lagi dan kemudian ditutup dengan perban.

4. Sakitkah ditato?

Sudah bisa dibayangkan jika ditato itu sakit, tetapi tingkat rasa sakitnya bisa bervariasi. Bagi beberapa orang bisa terasa seperti digaruk, terbakar, tersengat, atau kesemutan. Beberapa orang merasakan rasa sakit yang luar biasa sementara yang lain mungkin sakit biasa saja. Tingkat rasa sakit yang Anda rasakan akan bergantung pada ambang rasa sakit dan faktor lainnya, termasuk di bagian tubuh mana tato digambar, besar kecilnya tato dan jumlah jarum yang digunakan, dan gaya seniman tato (ada yang mentato dengan cepat dan ada yang lambat).

Sakitkah Ditato, Berikut Penjelasannya

5. Merawat tato

Ikuti semua instruksi yang diberikan untuk perawatan tato yang baru saja menghiasi tubuh anda. Untuk memastikannya bisa sembuh dengan benar, beberapa hal penting ini harus diperhatikan :

– Tutup dengan perban di area tato baru tersebut selama 24 jam.

– Setelah 24 jam, lepas perban dan biarkan tato tetap terbuka.

– Hindari menyentuh area bertato dan jangan mengelupaskan keropeng yang mungkin terbentuk.

– Hindari jenis pakaian tertentu yang mungkin bisa menempel ke tato saat penyembuhan.

– Cuci tato dengan sabun dan air hangat (jangan gunakan alkohol atau peroksida). Gunakan handuk lembut untuk mengeringkan tato, tepuk-tepuk sampai kering dan pastikan untuk tidak menggosoknya.

– Oleskan salep antibiotik, krim kulit , atau minyak vitamin E pada tato 2 hingga 3 kali sehari selama seminggu. Jangan gunakan petroleum jelly.

– Jangan biarkan tato berendam dalam air. Mandi menggunakan shower boleh saja tetapi hindari berenang dan berendam sampai tato sepenuhnya sembuh.

– Hindarkan tato terpapar sinar matahari langsung sampai benar-benar sembuh.

6. Apa Saja resiko ditato?

Jika Anda memutuskan untuk membuat tato, kemungkinan semuanya akan berjalan seperti yang direncanakan. Beberapa orang memiliki reaksi alergi terhadap tinta tato, menyebabkan gatal, benjolan, dan ruam yang mungkin terjadi selama berhari-hari, berminggu-minggu, atau lebih lama setelah tato dibuat. Tato bisa menyebabkan eksim, psoriasis, atau kondisi kulit seperti terbakar. Masalah serius dapat terjadi jika Anda mencoba membuat tato sendiri, meminta teman melakukannya untuk Anda, atau melakukannya di ruangan yang tidak bersih. Infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri, virus, atau jamur dapat terjadi jika kulit tidak dibersihkan dengan benar, atau tinta atau jarum terkontaminasi. Berbagi jarum, tinta, atau peralatan lain tanpa sterilisasi meningkatkan peluang Anda untuk tertular HIV, hepatitis B, atau hepatitis C. Hubungi dokter segera jika Anda mengalami pendarahan, rasa sakit yang meningkat, atau tanda-tanda infeksi.

Sakitkah Ditato, Berikut Penjelasannya
Tribunnews.com

7. Menghapus Tato

Banyak orang menyukai tato dan mempertahankan selamanya. Tetapi sebagian yang lain memutuskan untuk menghapus tato di tubuh mereka setelah beberapa tahun. Lalu bagaimana cara menghapus tato? Treatment dengan laser adalah pilihan terbaik untuk menghilangkan tato. Laser akan menembakkan sedikit cahaya melalui lapisan atas kulit sementara energi laser ditujukan pada pigmen khusus di tato. Pigmen yang disinari laser tersebut kemudian dibuang oleh sel-sel pembilas sistem kekebalan tubuh Anda. Cara lain yang kurang umum untuk menghilangkan tato termasuk dermabrasi, pengelupasan secara kimia, dan operasi. Perlu disadari bahwa menghapus tato bisa menjadi sulit tergantung pada jenis kulit Anda, seberapa besar ukuran tato dan kompleksitas desain, serta jenis dan warna tinta yang digunakan. Bisa membutuhkan beberapa perawatan selama berbulan-bulan, dan hasilnya tidak dijamin akan bersih. Penghapusan tato dapat menyebabkan kulit menjadi gelap dan terbentuk jaringan parut. Perlu diketahui pula bahwa proses tadi juga mahal. Sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kulit yang ahli dalam penghapusan tato sebelum memutuskan untuk melakukannya.