Tak Melulu untuk Kecantikan, Ketahui Manfaat Kolagen

tak-melulu-untuk-kecantikan-ketahui-manfaat-kolagen
pond5.com
tak-melulu-untuk-kecantikan-ketahui-manfaat-kolagen
pond5.com

Kolagen sangat penting untuk kesehatan, begitu yang sering dikatakan oleh pakar kesehatan, ahli kecantikan, dan bahkan mungkin oleh sahabat Anda. Kolagen adalah kata baru yang diucapkan oleh setiap bibir wanita yang kini bisa ditemukan di berbagai produk mulai dari krim dan kosmetik, hingga bubuk dan pil. Sebagai salah satu jenis protein yang paling melimpah di tubuh, kolagen tersedia di otot, kulit, darah, tulang, tulang rawan, dan ligamen. Seberapa penting sih sebenarnya fungsi kolagen bagi tubuh?

Anda mungkin segera ingin mengkonsumsi ekstra protein penting setelah tahu beberapa fungsi penting kolagen berikut ini : meningkatkan elastisitas kulit, menyatukan tulang dan otot, melindungi organ-organ penting tubuh, dan menyediakan struktur untuk sendi dan tendon. Kabar baiknya adalah tubuh memproduksi kolagen secara teratur. Tapi, melambat seiring bertambahnya usia, merokok, paparan sinar matahari, dan diet yang tidak sehat. Beberapa kondisi kesehatan juga dapat menguras simpanan kolagen di tubuh yang akan menyebabkan kulit keriput dan kendur, atau bahkan mengalami nyeri sendi. Teruslah membaca untuk menemukan lima manfaat spesifik kolagen bagi tubuh.

Tak Melulu untuk Kecantikan, Ketahui Manfaat Kolagen
alodokter.com

1. Meringankan nyeri sendi

Ketika tulang rawan Anda melemah dan memburuk seiring bertambahnya usia, Anda mungkin mulai merasa kaku dengan sendi-sendi terasa nyeri. Menambah asupan kolagen dapat membantu mengurangi nyeri sendi dan mengurangi gejala radang sendi. Dalam sebuah studi yang dilakukan di tahun 2009, pertisipan mengkonsumsi suplemen kolagen tipe II yang diolah dari bagian leher ayam selama 90 hari. Hasilnya menunjukkan bahwa gejala osteoarthritis menurun hingga 40 persen sementara tingkat keparahan gejala nyeri sendi menurun hingga 33 persen. Pada penelitian jauh sebelumnya di tahun 1993 dengan suplemen kolagen yang sama, peserta dengan rheumatoid arthritis yang parah mengalami penurunan gejala sendi bengkak dan bahkan 4 dari 60 peserta sembuh sepenuhnya. Suplemen kolagen bersifat tidak jenuh, yang berarti bahwa asam amino tidak akan rusak meski diolah dengan dimasak dalam panas tinggi.

Tak Melulu untuk Kecantikan, Ketahui Manfaat Kolagen
Tribunnews.com

2. Dapat memperlambat proses penuaan kulit

Salah satu manfaat kolagen yang paling terkenal adalah kemampuannya membuat kulit yang berkilau dan elastis. Protein esensial ini memberikan elastisitas pada kulit, membantu membuatnya tampak lebih muda dan sehat. Namun seiring bertambahnya usia dan menurunnya produksi kolagen, garis halus, kulit kendor, dan kering akan dialami. Apa yang terjadi jika Anda meningkatkan asupan kolagen dalam bentuk suplemen? Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2014 secara acak memilih 46 dari 69 wanita, usia 35-55 tahun mengkonsumsi suplemen hidrolisat kolagen. Sementara kelompok lainnya mengkonsumsi plasebo. Para wanita yang mengkonsumsi kolagen menunjukkan peningkatan elastisitas kulit dalam waktu empat minggu. Penelitian lain pada tahun 2014 dengan suplemen yang sama secara signifikan membuktikan bahwa konsumsi kolagen dapat mengurangi kerutan setelah hanya delapan minggu.

Tak Melulu untuk Kecantikan, Ketahui Manfaat Kolagen
OkayDoc.com

3. Membantu membangun otot dan membakar lemak

Kolagen adalah komponen utama dari jaringan otot, sehingga tidak mengejutkan jika bahan ini memiliki pengaruh besar dalam membangun massa otot. Tambahan lagi kolagen juga mengandung sejumlah senyawa glisin terkonsentrasi yaitu jenis asam amino yang terlibat dalam sintesis creatine. Ini akan memberikan suplai ke otot bahan bakar yang diperlukan untuk kekuatan melalui olahraga yang Anda lakukan. Apa yang terjadi ketika Anda mengkonsumsi kolagen ke rutinitas olahraga Anda? Sebuah studi pada tahun 2015 memberikan suplemen kolagen pada 53 pria yang menderita sarcopenia, suatu kondisi di mana penderita kehilangan massa otot karena penuaan. Setelah 12 minggu, mereka yang mengkonsumsi suplemen diimbangi dengan olahraga hasilnya adalah peningkatan kekuatan otot dan lemak yang menghilang dibanding kelompok plasebo.

Tak Melulu untuk Kecantikan, Ketahui Manfaat Kolagen
lifestyle.kompas.com

4. Dapat mengurangi selulit

Selain menjaga kulit sehat dan bersinar, manfaat kolagen juga dapat membantu memperbaiki penampilan selulit yang membandel. Selulit adalah ketika lapisan lemak di bawah kulit mendorong jaringan ikat sehingga menciptakan penampilan kulit menggelambir. Sebuah riset di tahun 2015 secara acak menetapkan 105 wanita, usia 24-50 tahun untuk mengkonsumsi peptida kolagen selama enam bulan. Peserta yang mengkonsumsi suplemen kolagen menunjukkan peningkatan yang signifikan kekenyalan kulit mereka. Meskipun tampaknya menjanjikan, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi apakah kolagen memang bisa membantu mengurangi selulit. Selulit adalah hala alamiah yang sangat umum. Diperkirakan 80 hingga 90 persen wanita mengalaminya. Itu adalah bagian alami dari proses penuaan.

Tak Melulu untuk Kecantikan, Ketahui Manfaat Kolagen
merdeka.com

5. Dapat meningkatkan kesehatan pencernaan

Kolagen berada di jaringan ikat usus dan dapat membantu mendukung dan memperkuat lapisan pelindung saluran pencernaan Anda. Ini sangat penting karena perubahan fungsi penghalang usus Anda, juga dikenal sebagai sindrom usus bocor, dapat memungkinkan partikel masuk ke aliran darah. Hal ini dapat menyebabkan peradangan. Faktanya, penelitian di tahun 2003 mengamati 170 orang dengan penyakit radang usus dan menemukan bahwa mereka lebih mungkin memiliki tingkat kolagen serum yang lebih rendah. Jadi logikanya dengan meningkatkan asupan kolagen, tubuh dapat membangun jaringan yang melapisi saluran pencernaan untuk meningkatkan kesehatan usus yang lebih baik. Hanya saja belum ada penelitian untuk membuktikan efek langsung dari suplemen kolagen pada sistem pencernaan.